7 Tips Memilih Vendor Catering Pernikahan yang Tepat

catering pernikahan

Vendor Catering Pernikahan Di dalam acara pernikahan, catering menjadi suatu hal yang sangatlah penting, karena dalam mempersiapkan sebuah acara, seperti halnya pesta pernikahan, catering harus benar-benar diperhatikan dan juga harus dibahas secara detail, serta matang.

Makanan dan minuman dalam suatu acara pernikahan menjadi suatu hal yang sangat fital dan jangan sampai dilupakan. Salah satu alasan mengapa Anda hars menggunakan jasa catering untuk acara pernikahan adalah agar bisa memudahkan Anda beserta keluarga.

Penyajian yang ada juga sudah dijamin kualitasnya oleh penyedia jasa catering. Memakai jasa catering juga bisa saja membuat anggaran pernikahan menjadi bengkak, jika Anda tidak benar-benar memahami tata cara untuk mengolahnya.

Tips Wajib Diterapkan Ketika Memilih Vendor Catering Pernikahan

Pasti Anda sebagai tuan rumah akan berusaha bagaimana caranya demi menyuguhkan hidangan yang terbaik kepada para tamu. Agar semua rencana pesta pernikahan berjalan dengan lancar, perhatikanlah beberapa tips dari kami di bawah ini :

1. Cari Tahu Semua Informasi Tentang Vendor/ Penyedia Jasa

Tips pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mencari informasi selengkap-lengkapnya tentang penyedia jasa catering yang bersangkutan. Namun, pastikan terlebih dahulu informasi yang Anda dapatkan benar-benar valid.

Anda juga bisa memilih beberapa vendor terlebih dahulu yang menutur Anda layak dan pas dengan kebutuhan. Kemudian Anda bisa mengumpulkan semua informasi terkait dengan layanan penyedia jasa atau vendor catering tersebut.

Anda bisa mencari informasi lengkap dari brosur yang mereka sediakan. Selain itu, Anda juga bisa menjelajah lebih luas mengenai penyedia jasa tersebut melalui internet. Tapi ingat, Anda harus benar-benar mencermati sistem kerja yang mereka gunakan dan intinya bisa membuat Andamerasa yakin kepada vendor catering tersebut.

2. Datang Langsung Ke Tempat Vendor/ Penyedia Jasa

Tips ke dua dalam memilih vendor atau penyedia jasa catering pernikahan adalah dengan dating langsung ke tempat vendor. Hal tersebut sangat disarankan, karena di situ Anda dapat memastikan dan mengetahui lebih jelas tentang pelayanan yang ada.

Di situ, Anda akan memiliki kesempatan besar untuk menyaksikan secara langsung tentang bagaimana cara kerja mereka dan kebersihan daput maupun alat masak. Nah, dari situlah Anda dapat menilai setiap vendor catering dan kemudian bisa membandingkan dengan vendor lainnya.

3. Dapatkan List Harga Terbaru

Setelah itu, tips memilih vendor pernikahan selanjutnya yaitu dengan mencari tahu terlebih dahulu semua daftar menu terbaru. Setelah Anda mendatangi lokasi penyedia jasa catering tersebut, jangan lupa untuk meminta pricelist terbaru.

Dikarenakan pasti ada perbedaan harga menu catering di setiap lokasi yang di sediakan oleh penyedia vendor catering pernikahan tersebut.
Maka dari itu, Anda wajib untuk bertanya-tanya mengenai hal tersebut.

Sehingga, Anda nanti bisa membandingkan secara langsung mengenai detail harga menu di setiap vendor catering yang ada. Di situ, kamu dapat memilih vendor yang memiliki kualitas dan reputasi bagus dengan harga yang telah disesuaikan.

4. Memiliki Rekanan Gedung yang Sesuai

Kemudian untuk tips memilih vendor catering pernikahan selanjutnya adalah dengan memeriksa dan cek lebih dalam mengenai rekanan gedung. Pastikan terlebih dahulu apakah penyedia jasa catering pernikahan yang dipilih itu memiliki rekanan dari gedung sesuai keinginan dan kebutuhan.

Mengapa? Ya, karena semua ini berhubungan dengan biaya yang biasanya dibebankan dari pihak pemilik gedung. Misalkan vendor yang Anda pilih itu memiliki rekanan, biasanya akan bebas biaya sewa Gedung. Jadi, harga akan relatif lebih murah dan anggaran pernikahan Anda tidak membengkak.

5. Wajib untuk Minta Food Tests

Food tests merupakan suatu hal yang tidak boleh Anda lewatkan, dengan adanya sesi food test atau icip-icip ini, Anda bisa mengetahui bagaimana rasa dan kualitas makanan/ minuman yang dimiliki vendor catering tersebut.

Dari pihak penyedia jasa catering biasanya akan memberi kesempatan kepada pelanggannya untuk melakukan food tests dengan dua cara. Pertama, Anda bisa datang langsung ke tempat showroom vendor catering pernikahan tersebut. Kedua, kamu juga bisa mendatangi acara pernikahan yang sedang berlangsung dan ditangani oleh vendor tersebut jika dari pihak vendor mengizinkan.

6. Pilihlah Vendor yang Tidak Terlalu Sibuk

Mengapa harus seperti itu? Ya, karena jika penyedia jasa catering pernikahan tersebut terlalu sibuk untuk menangani banyak klien, kemungkinan besar juga mereka akan terlihat seperti terburu-buru untuk menyelesaikan target tersebut.

Jadi, kemungkinan besar Anda tidak akan bisa mendapatkan pelayanan yang maksimal sesuai dengan apa yang Anda harapkan. Lakukan poin ini, jika ingin momen pernikahan yang Anda selenggarakan berjalan dengan lancar dan membahagiakan.

7. Buat Kesepakatan yang Jelas dan Tertulis

Terakhir, Anda wajib untuk membuat kesepakatan dengan pihak vendor catering agar Anda lebih mudah untuk mengantisipasi berbagai hal yang tidak diinginkan, seperti halnya kerugian. Dengan adanya Kesepakatan tersebut, Anda akan mendapatkan kejelasan kinerja dari pihak vendor dan juga terdapat konsekuensi untuk kesalahan tertentu.

Kemudian, perhatikan secara detail dan juga teliti untuk kontrak kerja yang sudah Anda buat bersama dengan pihak penyedia jasa catering. Pastikan juga, Anda tidak akan merasa dirugikan dengan adanya perjanjian tersebut.

Karena pernikahan merupakan satu-satunya momen paling berharga dan akan dikenang sampai kapanpun. Dalam menyelenggarakan acara pernikahan, catering merupakan salah satu bagian terpenting yang harus Anda urus secara maksimal. Itulah beberapa tips memilih vendor catering pernikahan yang tepat versi Vina House Semarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *