Perawatan Sebelum Menikah yang Wajib Anda Lakukan

Perawatan tubuh Sebelum Menikah

Vina House Sebuah pernikahan adalah hari yang paling dinantikan oleh setiap pasangan yang akan berbahagia nanti. Menjelang hari pernikahan tersebut sebagai calon pengantin pasti akan banyak melakukan persiapan. Salah satu persiapan yang tidak boleh kamu lewatkan yaitu perawatan sebelum menikah yang penting untuk dilakukan.

Persiapan pernikahan tidak hanya akad dan resepsi yang harus dipersiapkan dengan baik. Harus juga mendapatkan perhatian lebih yaitu fisik yang prima, cantik, dan menawan.

Tentunya bagi setiap perempuan menginginkan untuk tampil cantik dan sempurna di hari pernikahan nanti termasuk nanti di hadapan suami. Kamu bisa menyempatkan untuk perawatan diri, baik di salon ataupun dilakukan sendiri di rumah.

Bukan hanya soal dekorasi, undangan, pakaian, dan rencana bulan madu yang harus dipersiapkan menjelang hari pernikahan, akan tetapi juga soal perawatan tubuh dan perawatan wajah.

Perawatan Wajah Sebelum Menikah

Ada beberapa perawatan sebelum menikah yang perlu kamu lakukan untuk menyiapkan tampilan fisiknya sebaik mungkin, berikut diantaranya:

1. Perawatan Badan

Perawatan pertama yang bisa kamu lakukan adalah perawatan badan. Berikut perawatan badan yang bisa kamu lakukan:

Untuk mendapatkan kulit yang halus bercahaya dan lembut kamu bisa melakukan perawatan lulur baik dilakukan di salon atau sendiri di rumah dua kali seminggu. Untuk hasil yang diinginkan Anda bisa sesuaikan varian lulur dengan kondisi kulit saat ini.

Untuk melemaskan otot-otot tubuh yang tegang, lakukan massage secara rutin setidaknya 2 kali dalam sebulan.

Agar tidak mengganggu penampilan saat pernikahan nanti, Anda juga perlu memperhatikan bekas luka ataupun jerawat yang ada di tubuh. Tambahkan krim pencerah khusus pada daerah lipatan, seperti ketiak dan selangkangan agar warna kulit di sekitar area tersebut tidak gelap

Agar Anda lebih terlihat bersih di depan suami, Anda bisa shaving rambut kaki dan ketiak dengan melakukan perawatan khusus waxing di salon khusus wax. Salon ini sudah banyak tersedia dimana-mana. Anda juga bisa membuat sendiri sugar wax di rumah jika ingin mencobanya sendiri.

2. Perawatan Wajah

Perawatan sebelum menikah pada badan sudah Anda lakukan, selanjutnya jangan lupa untuk merawat wajah cantik Anda. Walaupun setiap harinya Anda sudah rajin memakai skincare namun perawatan kecantikan jelang menikah yang satu ini  jangan sampai Anda lewatkan.

Dalam perawatan kecantikan menjelang pernikahan wajah menjadi bagian paling penting dan membutuhkan perhatian lebih. Anda bisa memulai melakukan perawatan  wajah sejak satu tahun sebelum pernikahan. Berikut perawatan yang bisa Anda lakukan:

Anda bisa melakukan facial dengan rutin setiap tiga bulan sekali agar lebih memaksimalkan perawatan yang Anda lakukan. Banyak manfaat dengan melakukan facial ini salah satunya dapat membersihkan kulit dan meningkatkan sirkulasi darah pada wajah.

Perawatan CTM merupakan metode perawatan pernikahan yang lainnya yaitu Cleansing (pembersihan), Toning (pengencangan), dan moisturizing (pelembab). Hal ini dapat Anda lakukan dengan teratur sehingga akan membuat kulit Anda bersinar dan terlihat awet muda.

Selain itu metode ini juga dapat mengencangkan kulit dan mengurangi garis-garis halus pada wajah dan dapat menjaga kulit  tetap lembut dan kenyal.

Perawatan klinis pada wajah ini lebih efektif dilakukan untuk perawatan sebelum menikah. Hal ini dilakukan jika Anda memiliki banyak tanda atau bercak pada kulit, untuk mengatasi garis-garis halus, kerutan, hingga jerawat pada wajah. Anda bisa melakukan perawatan ini enam bulan sebelum menikah.

Lengkapi perawatan wajah Anda dengan memakai masker wajah agar kulit tampil lebih glowing dan kenyal saat hari pernikahan nanti. Anda bisa  maskeran sebanyak dua sampai tiga kali dalam seminggu yang bisa Anda sesuaikan masker wajah  dengan jenis kulit.

Selain itu Anda juga harus memerhatikan kandungan-kandungan yang terdapat pada masker wajah baik masker lulur atau face sheet mask pilih bahan yang tidak buat kulit jadi sensitif atau kemerahan dimana keduanya sama-sama baik untuk perawatan kulit wajah. Pakai masker minimal seminggu dua kali dan jangan lupa minum air putih yang banyak.

Perawatan sebelum menikah pada wajah selanjutnya lakukan eksfoliasi tiap dua kali seminggu baik dengan memakai scrub maupun chemical peeling. Hal ini bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati dan mencegah kulit hitam dan juga merangsang regenerasi kulit, sehingga akan membuat wajah Anda lebih glowing dan lembut.

Agar kulit terlihat segar dan kinclong saat di pelaminan nanti rutin. Lakukan exfoliation dalam dua atau tiga kali dalam seminggu sebelum mencuci muka. Agar tidak menyebabkan iritasi dan ruam pada kulit wajah gunakan pembersih wajah yang ringan. Apabila butuh skincare routine baru yang lebih ampuh, konsultasi dengan dokter kulit profesional Anda.

Saat mendekati hari pernikahan, sebaiknya Anda jangan coba-coba memakai skincare yang baru.  Namun jika ingin mengganti skincare cobalah jauh-jauh hari. Anda akan masih punya waktu untuk mengatasi reaksinya jika ternyata skincarenya tidak cocok di wajah.

Baca Juga : 10 Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum Menikah

Anda juga bisa tanyakan pada ahli kecantikan untuk berkonsultasi jika memiliki kulit sensitif terhadap penggunaan kosmetik untuk mempersiapkan wajah agar tidak mengalami alergi saat Anda mengenakan makeup nanti di hari pernikahan. Untuk menghindari wajah terasa memerah atau meradang, hal ini perlu Anda lakukan karena di hari pernikahan makeup akan sedikit tebal dan bersifat full coverage,  dan penggunaan makeup seharian penuh.

3. Perawatan Mata

Selanjutnya Anda juga tidak boleh mengabaikan untuk melakukan perawatan sebelum menikah pada mata. Mata yang cantik dan sehat saat hari pernikahan nanti akan menjadi poin tambah bagi Anda. Berikut perawatan pada mata yang bisa Anda lakukan:

Jika Anda mempunyai lingkaran hitam dan kantung mata, bisa menyamarkannya  dengan menggunakan krim mata setiap malam dan kompres dingin 1-2 kali setiap minggu.

Untuk menghindari mata yang tampak lelah, Anda harus istirahat dengan cukup.

Hindari makanan asin karena dapat menyebabkan mata terlihat membengkak.

Gunakan pembersih yang lembut saat membersihkan riasan mata, dan gosok dengan pelan.

4. Perawatan Leher dan Tulang Selangka

Anda juga perlu merawat kecantikan leher dan tulang selangka, jika saat pernikahan nanti Anda memakai gaun pernikahan dengan potongan dada rendah. Karena memiliki kandungan minyak yang sedikit, kulit pada bagian ini akan membutuhkan perhatian khusus.

Anda bisa setiap harinya melakukan eksfoliasi lembut dengan face scrub. Gunakan juga pelembab ringan, dan lindungi dengan sunscreen sebelum terpapar sinar matahari.

5. Perawatan Payudara

Menjelang hari pernikahan nanti, Anda juga perlu melakukan perawatan sebelum menikah pada payudara meski tampilannya tidak terekspos. Hal ini bertujuan untuk menjaga tampilan Anda agar tetap kencang dan tampak mulus.

Anda bisa melakukan pemijatan atau juga memakai masker payudara secara rutin dengan memakai kandungan bahan alami.

Perawatan kuku Sebelum Menikah

6. Perawatan Tangan dan Kuku

Merawat tangan dan kuku tidak kalah pentingnya dengan perawatan yang lainnya terlebih Anda akan menyalami banyak tamu undangan. Untuk itu agar tampilan Anda semakin cantik harus melakukan perawatan kecantikan sepekan menjelang pernikahan sebagai berikut:

Lakukan perawatan manicure dan nail art di salon agar tampilannya terlihat cantik.

Agar kuku Anda terlihat sehat dan lembap, Anda juga bisa rutin menggunakan minyak pada area kutikula 

Setiap hari selalu gunakan hand cream dan foot cream untuk menjaga kelembapan.

Anda juga bisa merawat sendiri jika kuku Anda sudah panjang. Rajinlah memotong kuku kaki dan tangan, selain itu agar lebih halus kikir ujung kuku.

Perawatan sebelum menikah untuk  tangan dan kuku, Anda bisa gunakan tabir surya agar terhindar dari belang di kaki dan tangan. Saat Anda beraktivitas di luar ruangan jangan lupa pakai kaus kaki atau sarung tangan agar mengurangi terpapar langsung dari sinar matahari.

Anda juga bisa menyikatnya kuku-kuku jari tangan dan kaki dengan  lembut agar lebih berkilau serta beri sedikit krim.

Agar kuku terlihat berkilau, Anda bisa mengoleskan nail polish bening sebagai top coat di atas kuku saat sedang tidak memakai nail polish berwarna.

7. Perawatan Rambut

Bagi Anda yang mengenakan hijab atau tidak, rambut wajib untuk dirawat kapanpun juga karena tidak ada wanita yang menginginkan rambutnya terlihat lepek dan kusam terutama saat hari pernikahan nanti.

Tidak ada perawatan sebelum menikah khusus yang perlu Anda lakukan menjelang hari pernikahan, berikut perawatan rambut yang bisa Anda lakukan:

Anda bisa melakukan perawatan rutin setiap satu minggu dua sampai 3 kali sejak enam bulan menjelang pernikahan, dengan melakukan perawatan creambath,  hair mask dan hair spa di salon.

Selain pergi ke salon Anda juga bisa melakukan perawatan rambut sendiri di rumah dengan memanfaatkan bahan alami yang tersedia misalnya minyak urang-aring, lidah buaya sebelum tidur.

Selalu keramas dengan rutin menggunakan sampo sesuai dengan jenis rambut yang diakhiri dengan memakai kondisioner. Selain itu jika perlu pakai hair serum, hair oil atau vitamin rambut sebagai perawatan tambahan yang digunakan sehabis keramas.

Agar rambut tidak bertambah rusak, Anda bisa kurangi styling maupun penggunaan peralatan yang menghasilkan panas .

Untuk menjaga keindahan rambut, Anda juga bisa melakukan perawatan sebelum menikah dengan memotong ujung-ujung rambut yang sudah terlihat rusak, sehingga rambut Anda nantinya akan tumbuh dengan sehat.

Bagi Anda yang memakai aksesoris rambut, misalnya jepit atau topi, Anda bisa mengatur penggunaannya jangan sampai bisa membuat rambut patah dan rontok. Agar tidak lembab dan mengakibatkan gatal di kepala Anda bisa memberi cukup waktu rambut “bernapas” di suhu ruang.

Perhatikan juga makanan yang Anda konsumsi yang dapat membuat rambut berkilau alami seperti mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B seperti pada telur, kacang-kacangan, ikan.

Jika Anda ingin mengganti warna rambut, Anda bisa melakukannya 3 minggu sebelum pernikahan.

8. Perawatan Gigi

Ada banyak perempuan yang jarang untuk melakukan perawatan gigi saat akan  menjelang pernikahannya. Dengan menampilkan deretan gigi yang putih bisa menambah penampilan Anda menjadi sempurna terlebih lagi pada saat sesi pemotretan.

Jika Anda ingin merapikan susunan gigi sebaiknya lakukan kunjungan ke dokter sejak 2 tahun sebelum pernikahan, karena bagian gigi akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk merapikan susunan giginya

Anda bisa mulai melakukan perawatan sebelum menikah dengan rutin untuk melakukan pemeriksaan gigi setiap 6 bulan sekali beserta dengan membersihkan karang gigi. Jika sebaiknya memungkinkan, Anda juga bisa melakukan pemutihan pada gigi (veneer) yang akan mengubah penampilan Anda semakin sempurna.

Selain itu dengan melakukan perawatan gigi dengan rutin, akan membuat nafas Anda tetap wangi terlebih saat hari pernikahan tiba.

9. Perawatan Organ Intim

Perawatan wajib jelang pernikahan yang tidak boleh terlupakan adalah untuk merawat organ intim wanita. Di berbagai spa kini sudah tersedia perawatan ratus yang bisa Anda manfaatkan. Ratus merupakan teknik pengasapan atau penguapan untuk mengurangi berbagai masalah pada organ intim dengan memakai berbagai bahan rempah herbal.

Masalah pada organ intim seperti keputihan, menghilangkan aroma tak sedap, dan menyeimbangkan kelembaban. Anda tidak perlu khawatir saat melakukan ratus ini karena menggunakan bahan alami seperti, daun manjakani, daun pandan, jahe, jati Belanda, kunyit, sereh, maupun sirih.

Selain itu Anda juga bisa perawatan sebelum menikah dengan menjaga kelembaban bagian organ intim dengan cara rajin berganti pakaian dalam dan membasuh dengan air bersih setelah buang air terutama saat datang bulan.

ada baiknya dikonsultasikan sebelum menikah Jika Anda memiliki masalah kewanitaan, agar masih bisa diobati, apalagi jika berencana untuk segera memiliki anak.

10. Perawatan Bibir

Agar Anda terbebas dari bibir kering dan masalah pecah-pecah dan mendapatkan tampilan bibir yang sehat Anda bisa memakai vitamin E. Gunakan juga lips scrub satu minggu sekali sehingga akan membuat tampilan wajah semakin sempurna.

11. Perawatan Kaki

Tidak lupa Anda juga harus memperhatikan untuk merawat kaki. Anda bisa menggunakan air hangat dan waxing untuk menghilangkan bulu kaki. Selain itu gunakan pelembab khusus kaki untuk menjaga kelembabannya.

12. Perawatan Kesehatan dari Dalam Tubuh

Perawatan sebelum menikah terakhir yang harus Anda lakukan adalah perawatan kesehatan dari dalam tubuh. Jangan sampai Anda sibuk untuk merawat bagian luar, akan tetapi perawatan dari dalam tubuh Anda dilupakan begitu saja.

Secara tidak sadar saat Anda mempersiapkan pernikahan yang sempurna, Anda akan mengalami tekanan atau juga stres yang lebih dari biasanya. Jika sudah begitu Anda bisa rehat sebentar dari hal tersebut dan memenangkan diri terlebih dahulu untuk mengembalikan semangat Anda.

Kesehatan fisik adalah hal yang penting karena persiapan pernikahan yang memakan waktu yang panjan, perawatan sebelum menikah dari dalam tubuh yang bisa Anda lakukan diantaranya:

Nah, itulah beberapa perawatan sebelum menikah yang bisa Anda lakukan agar mendapatkan penampilan yang sempurna mulai dari ujung kaki sampai dengan ujung kepala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *